Kamis, Juli 30, 2015

Catatan Hati Seorang Freshgraduate, Sebuah Pengalaman Pertama

Selepas sidang dan dinyatakan lulus pada 27 Januari lalu, gue resmi hengkang dari kampus gue di UNJ, eh belum resmi sih karena belum wisuda. Gue mulai sibuk cari-cari lowongan kerja, apply sana apply sini, walaupun masih belum bener-bener fokus cari kerja karena masih sibuk mengurus revisi dan pemberkasan untuk wisuda. 

Disela-sela waktu senggang, gue pun menyempatkan diri buat dateng ke jobfair, mengadu nasib disana sambil nyari kitab suci.




Salah satu temen gue yang udah lulus lebih dulu dari gue dan tentunya udah pernah dateng ke jobfair menyarankan supaya gue gak perlu dateng kesana, katanya bakalan sampe injek-injekan kayak nonton konser atau apalah ituu, tapi nyatanya gak sebegitunya kok. cekaceka lah.

Jobfair pertama yang gue datengin itu Jobfair di SMESCO. Gue lupa ngelamar apa aja yang pasti salah satu perusahaan yang gue lamar itu adalah PT. Century Healthcare, anak dari perusahaan Pharos yang produksi obat-obatan. Gue ngelamar sebagai Store Manager. Iya, gue melamar posisi itu atas saran dari mba-mba yang ngasi penjelasan ke gue, katanya sih, anak kimia cocok nya disitu. berhubung gue masih polos dan juga gak gitu ngerti gue pun nurut aja. 

Singkat cerita, dua minggu setelah gue masukin lamaran disana, gue pun dapet panggilan untuk psikotes. Kebetulan gue cukup tertarik di Pharos, dulu setiap berangkat kuliah, gue selalu ngelewatin perusahaan itu dan gue selalu bilang, “kerja disini aja kali ya, deket dari rumah”?? Alhasil gue pun cukup antusias buat ngikutin psikotes. 

Yak, ini adalah psikotes pertama dan gue juga belum ada bayangan bakal menghadapi soal-soal kayak apa. Gue dapet jadwal tes jam satu siang di gedung Econolab daerah kebayoran lama. Tes nya pun cukup bonafit. Alat-alat tulis yang gue bawa gak kepake, iya, karena tes nya online, disediain tab disetiap meja. Tes pun dimulai dan ternyata soal tesnya bikin gue mau muntah. Bukan, bukan karena soalnya yang susah, tapi karena soal tes nya yang kelewat banyak. Otak gue yang udah lama gak dipake buat mikir rasanya kayak mau keram gitu. Duh biyung~ 

Gue lupa apa aja soal psikotesnya (saking banyaknya), yang pasti ada sinonim, antonim, soal matematika, seri angka, hafalan, bolak balik kubus (entah apa namanya) dan yang paling banyak itu adalah soal kepribadian. Banyak. Banyak banget. Gak abis-abis soalnya. Selain itu ada juga pertanyaan-pertanyaan yang menyinggung masalah agama, kayak “Apakah anda bersedia melepas pakaian keagamaan anda?” atau “Apakah anda bersedia meninggalkan kegiatan keagamaan anda?” gue sendiri gak ngerti, tujuan dari pertanyan-pertanyaan macem gitu buat apa. Entahlah. 

Pasca psikotes disana, gue baru cari-cari info tentang perusahaan itu dan ternyata info yang gue dapet dari kaskus, blog maupun cerita orang, selalu ngebahas bagian negatif dari perusahaan itu. Jarang banget ada yang ngebahas sisi positif nya. bagian negatif yang dibahas pun senegatif-negatif nya keburukan lah, negatif banget. Hal itu yang ngebuat gue agak ngeri untuk ngelanjutin kesana. 

Satu minggu setelahnya, gue pun dapet kabar lolos psikotes dan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu interview HRD. Tapi kebetulan saat itu gue lagi wisuda jadi gak bisa dateng. Alhasil, mba-mba HRD nelponin gue besokannya, dia bilang bisa reschedule. Gue pun meng-iya-kan untuk interview di esok harinya, walaupun agak-agak ragu gitu sih. Dia juga nanya-nanya dikit tentang gue, nanya agama gue, nanya gue pake kerudung atau engga, nanya gue keturunan ningrat atau bukan. Duh, ini makin meyakinkan gue tentang anggapan orang-orang terkait sisi negatif dari perusahaan itu. 

Dihari berikutnya, dimana gue bakalan interview, ternyata semesta berkehendak lain. Daerah rumah gue diguyur hujan dan banjir sehingga gue gak bisa jalan kesana, dan bener aja sore-sore nya si mba-mba HRD nelponin gue lagi, tapi gak gue angkat. Iya. Dia nelponin gue berkali-kali dan gue pun menghiraukannya. 

Mungkin ini yang dinamakan cinta bertepuk sebelah tangan kali ya. Ibarat orang udah PDKT, disatu pihak udah mulai suka, tapi dipihak lain malah ngilang, pergi, dan memilih meninggalkan karena tau kejelekan-kejelekan calon pasangannya. Duh, gue gak bermaksud begitu. Gue cuman mau cari yang lebih baik lagi aja. ngomong apa sih ini. 

Oya, dan gue perhatiin sampe sekarang, perusahaan itu selalu ngebuka lowongan. Kabarnya sih pegawainya sering keluar masuk karena gak betah. Duh, gak capek apa putus mulu gitu. Mending perbaiki sistemnya deh, bangun citra lagi, ubah anggapan orang-orang tentang sisi negatif itu. 

Kadang gue suka mikir, apa perusahaan itu gak tau ya kalo di web banyak cerita-cerita miring tentang itu? 

Asudahlah, bukan urusan gue.. 
Eh, tapi gue pengen loh sebenernya jadi bagian analis disana. Kalo aja syaratnya gak seperti itu. 

Syudahlah, kita memang tidak berjodoh. Bhay!

37 komentar :

  1. aku baru mau tes ini, bentar berangkat abis dzuhur... wah, kelihatannya serem juga yah.. wkwkwk

    BalasHapus
  2. aku tes hari senin depan tgl 2 mei,jadi bingung nih lanjut ato gak.

    BalasHapus
  3. wahhh jadi ikutan bimbang juga,,, aku tess besok 28 september 2016.
    klo ngga boleh berhijab q jugfa mikir" juga,, apa lagi ijazah n ngga boleh nikah slama 3 tahun ... hmmmm jd galau

    BalasHapus
  4. Aku pernh kerja di sana.. rasa nya gak karu2.n apa lagi sbg store manager . Ibarat badan ini remuk semua kerja nya emang cuma jaga apotik tp tekan.n nya dr Area manager dan rom itu luar biasa gak jarang juga kata2 kasar di lontar kan lantaran kita gak bisa jual barang produk fokus dan gak capai target penjualan. Ya kalo menurut gue sih mding mikir2 dlu kalo mau join di pt itu.

    BalasHapus
  5. Aku pernh kerja di sana.. rasa nya gak karu2.n apa lagi sbg store manager . Ibarat badan ini remuk semua kerja nya emang cuma jaga apotik tp tekan.n nya dr Area manager dan rom itu luar biasa gak jarang juga kata2 kasar di lontar kan lantaran kita gak bisa jual barang produk fokus dan gak capai target penjualan. Ya kalo menurut gue sih mding mikir2 dlu kalo mau join di pt itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 kalau di pharos kalau ga nyampe target potong gaji ga ya ?

      Hapus
  6. aduh.ane juga habis tes disana. katanya sih 2 minggu lagi hasilnya bakalan keluar. ane ngambil posisi health advisor. emang bener kayak gitu ya sistem perusahaannya?

    BalasHapus
  7. Serwm amat ya ... bgitu semua. Iya waktu tes emabg ada pertanyaan kegiatan keagamaan. Gw juga tanda tanya.
    Trus store manager itu maksudnya sales ya??

    BalasHapus
  8. Serwm amat ya ... bgitu semua. Iya waktu tes emabg ada pertanyaan kegiatan keagamaan. Gw juga tanda tanya.
    Trus store manager itu maksudnya sales ya??

    BalasHapus
  9. Berbagi pengalaman dong, aku ngelamar bagian health & safety officers di pt. Mitra insan sejahtera. Dpat panggilannya psikotesnya di apt. Century.
    Yg jd prtanyaan ane, ngelamar bagian health & safety officer tp kok psikotesnya di apotek gtu ya ?!
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  10. Saya pernah bekerja di PT pharos Indonesia. Awalnya ada lowongan Health advisor yg min pendidikan SMA sederajat. Saya coba deh ngelamar disana. Selang beberapa Minggu saya dipanggil untuk mengikuti psikotes. Soal2nya sama ky psikotes pada umumnya. Sekian minggu kemudian sy dinyatakan lulus via telp dan diminta untuk interview besok harinya. Seminggu setelah interview sy ttd kontrak. Memang tertulis tdk boleh menikah selama 1th. Siangnya sy langsung kerja n ditempatkan di salah 1 apotek di Denpasar. Tekanan dr Area Manager n ROM bener2 bikin pusing. Kata2 kasar sering keluar, bahkan disuruh mengundurkan diri kalo ga bisa jual beberapa produk yg 'katanya' paling laris di pasaran. Karena sebulan di apotek itu tdk mencapai target, akhirnya sy mutusin untuk mutasi ke apotek lain yg lebih berpotensi. 3 bulan bekerja di apotek baru, gaji bukannya tambah naik eh malah tambah merosot. Dengan alasan ini itu insentif ga dibayarkan. Sy tanya masalah BPJS jg alasannya bertele2. Padahal sy udh bekerja di pharos hampir 5 bulan (katanya BPJS baru dpt setelah masa kerja 3 bulan). Mereka cuma bisa menuntut penjualan daripada hak2 karyawan. Bahkan saya sempat dirawat di RS selama seminggu tidak ada inisiatif dr bos untuk menengok. Lebih baik dipikir2 dulu dah sebelum join di PT ini. Bukan maksud saya untuk menghalangi rejeki orang lain, tapi jadilah pencari kerja yg cerdas ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kerjanya di apotek itu emang harus masarkan produk ya? walaupun bukan sebagai ha atau am?

      Hapus
  11. Aduuh jadi ragu nih... saya udah lolos tahap 1,lanjut ke tahap 2 untuk tes online .emang bener juga sih psikotes nya di apotek, udah jauh & macet & tambah baca post ini... yg aq rasa emang sesuai fakta... besok gak usah repot" dehh ke interview heheehe

    Makasi yaa kakak" sudah bagi" ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma dong bsk juga aku dpt tawaran utk interview. Tpi klo kaya gini jadi ngeriii bgt. Serem!!!

      Hapus
    2. waduuhh.... ternyata ada yg comment baru kmaren, harusnya saya kemaren test psikotes tapi saya reschedule, buat rekan yg test tgl 23 dan saudari fatimah.... bagi info lagi boleh ngak bagaimana setelah interview?

      Hapus
  12. ini serius ??
    saya ditawarin bag admin operational nih.. duh jd ragu mau lanjut apa enggak

    BalasHapus
  13. Saya tgl 16 jg mw tes bag. QA,, jalanin aja dulu .. niatkan semua krna Allah insya allah kerja kita jg di lancarkan ...

    BalasHapus
  14. kalau sebagai admin operasional bagaimana?
    apa saja tugasnya ya?
    apa juga ada target atau memasarkan produk?

    BalasHapus
  15. kalau sebagai admin operasional bagaimana?
    apa saja tugasnya ya?
    apa juga ada target atau memasarkan produk?

    BalasHapus
  16. kalau sebagai admin operasional bagaimana?
    apa saja tugasnya ya?
    apa juga ada target atau memasarkan produk?

    BalasHapus
  17. saya di suruh interview sebagai store manager, dan langsung suruh milih antara jakarta atau surabaya. store manager itu kerjanya seperti apa ya? baikknya di lanjutin enggak ya? mohon bagiinfonya dong

    BalasHapus
  18. Iya saya jg ada psikotes tgl 25 bagian admin oprational ini pt bener gk ch, yng daftar ko semua y keterima

    BalasHapus
  19. Saya lolos tahap sleksi 1 dan 2, dan sbulan kmudian sya dpat email untuh tahap interview, stlah melihat blog atau kaskus dll sya jadi ragu. Apa sbaiknya tdk saya lnjutin ya ? Jadi bingung.

    BalasHapus
  20. Klo di office jl.limo denger2 jam kerjanya dari jam 8.00 pagi & pulangnya minimal sampe jam 20.00 bahkan ada sampe jam 22.00, yg pengalaman bekerja di office pt.pharos jl. limo 40 mohon info nya ya ?? tks

    BalasHapus
  21. Yang saya tanyakan maksudnya jam kerja setiap hari ya...
    Klo sesekali sih no problem...

    BalasHapus
  22. http://akresidentforce.blogspot.co.id/2016/07/pengalaman-pelamar-kerja-di-pt-pharos.html

    ini ada nemu pengalaman lain

    BalasHapus
  23. Saya jg ada panggilan psikotest tahap 2.. dr tadi baca2 ttg ini PT.. dan nemu nya yg negatif2 mulu.. apa ga perlu dilanjutin ya?? Bikin galau.. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maju aja dulu. Nanti kan ada tes wawancara. Disitu bisa nanya2 semua2nya. Jd kalo ga srek masih bisa hengkang~ 😁

      Hapus
  24. Mba akhirnya lanjut admin operational atau engga? Hehe saya juga baru mau ke tahap 2 agak ragu & takut sih kalo ceritanya kaya gini

    BalasHapus
  25. Saya udah 2 tahun lebih di apotek century. Alhamdulillah tahan banting. Hahaaa.. Udah kebanyakan baca postingan negatif tp ttp aja coba daftar.. Mental tiap org beda2, ada yg ga tahan ada yg anggap biasa aja.. So far sih sy nyaman2 aja.. Hehee

    BalasHapus
  26. O.o padahal saya mau tes tahap ke dua , gmn guys koq gue slalu nemu postingan negatif ya apalagi nih lowker selalu ada di koran ? gmn mnurut teman" yang sudah tahap tes ke dua , padahl ane tahun depan kan Insya Allah mau nikah koq ad info 3 tahun ijazah di tahan ?

    BalasHapus
  27. Saya juga daftar bagian admin operatinal trs tes tahap 1 tiga hari lgs dapat kabar kalo lolos tes tahap 2, kurang lebih sebulan dapet email kalo lolos tahap 2 dan disuruh interview, anehnya awal daftar bagian admin operatinal tapi pas dapet email interview berubah jadi bagian HA, belum-belum aja udah ngak konsisten

    BalasHapus
  28. Hallo Kaka saya besok tgl 2 Mei ada tes psikotes kedua dari pharos pengen tau kalau gajih dipharos berapa ya saya ngelamar dibagian gudang/spo mohon pencerahan jadi ragu gini baca komentar semuanya negatif :(

    BalasHapus
  29. Waduh besok saya ada jadwal psikotest di century pesona khayangan depok. Sumpah jd bimbang parah!

    BalasHapus
  30. Waduh besok saya ada jadwal psikotest di century pesona khayangan depok. Sumpah jd bimbang parah!

    BalasHapus
  31. Ada yg tau info tntang sales representative ngga di pt.pharos?

    BalasHapus

satu comment.. pahala untukmu :)